Jumat, 20 Agustus 2010

kontrak kuliah penduduk /demografi

KONTRAK KULIAH
Nama Mata Kuliah      : Geograi Penduduk Dan Demografi
Kode Matakuliah         : Geo.4038
Semester / T.A                        : Ganjil / 2010 – 2011
Hari pertemuan/jam  :
Atribut soft Skill          :  Motivasi, komitmen, komunikasi lisan, saling menghargai,    mengemukakan pendapat, kemampuan analisis, problem solving, team work, leadership, kebersamaan, toleransi, kejujuran 
Tempat pertemuan      : Ruang Kuliah Gegrafi
Nama Dosen                 : Dra. Novida Yenny,M.Si
Telp/ Hp                        : 081396306637


1. Tujuan / Mamfaat Matakuliah
Matakuliah ini bertujuan memperkenalkan , membangun dan mengembangkan pemahaman mahasiswa mengenai kependudukan /demografi, karena penduduk merupakan subjek pembangunan dan sekaligus objek setiap usaha pembangunan.  Setiap negara  mempunyai masalah tentang kependudukan baik kualitas ataupun kuantitas, tidak terkecuali negara – negara maju ( developed countries ) apalagi negara – negara yang sedang berkembang  ( developing countries ). Mengetahui dan memahami masalah tersebut akan memacu mahasiswa untuk mampu menganalisa dan memahami kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Lebih penting lagi mahasiswa dengan kesadaran sendiri langsung mengaplikan pengetahuannya tentang kependudukan dalam kehidupan sehari – hari. 

2. Deskripsi perkuliahan
Manusia atau penduduk adalah suatu spesies dari berjuta spesies makhluk bumi. Sebagai makhluk tertinggi mempunyai kapasitas yang “tidak terbatas” dalam penguasaan bumi, termasuk makhluk – makhluk lain. Planit bumi dieksploitasi  dan didesain menurut kepentingan dan kehendak sendiri dari manusia. Pada hal sampai sekarang “ bumi” adalah satu – satunya planit yang mendukung kehidupan mahkluk hidup itu termasuk manusia sebagai makhluk yang paling berpengaruh. Sementara luas daratan bumi relatif tetap, tetapi jumlah penduduk yang membutuhkannya semakin bertambah banyak. Berdasarkan pada pokok persoalan penduduk ini maka materi perkuliahan  akan membahas tentang: konsep dasar geografi penduduk dan demografi; pertumbuhan  penduduk; faktor-faktor geografi dan penyebarannya; migrasi penduduk; sensus penduduk dan komposisi penduduk;  masalah dan politik penduduk;  kependuduk di Indonesia.
3. Kompetensi dasar
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi dasar berupa kemampuan:
  1. Mengkaji bahwa planit bumi adalah satu – satunya pendukung kehidupan dan kemampuan bumi itu ada batasnya.
  2. Menganalisis masa depan makhluk hidup umumnya dan manusia khususnya, karena jumlah yang membutuhkan selalu bertambah padahal yang dibutuhkan jumlah adalah tetap.
  3.  Menjelaskan mengapa terjadi penyebaran penduduk dipermukaan bumi yang tidak merata.
  4. Menganalisis hubungan antara bumi yang semakin “kecil”, sementara dunia tranformasi dan alat – alat transformasi semakin canggih dan berkembang, sehingga penduduk yang tidak pernah merasa puas atas hasil yang diperolehnya akan bermigrasi menuju tempat yang menjanjikan. 
  5. Menjelaskan cara untuk mengetahui data – data penduduk dan menafsirkan berbagai media tentang penduduk , seperti: peta penyebaran penduduk, tabel, grafik, monogram, dll.
  6. Memprediksi ke masa depan masalah – masalah kependuduk ( Kuantitas dan kualitas ) yang dihadapi dunia umumnya dan masing – masing negara berdasarkan fakta – fakta yang ada sekarang.
  7. Memprediksi situasi dan kondisi  Indonesia  pada masa mendatang berdasarkan fakta – fakta demografis yang ada sekarang, apakah lebih baik atau sebaliknya, yang menyangkut kuantitas dan kualitas penduduk.
  8. Menyikapi langsung kebijakan dalam kependudukan ini, karena sudah dibekali dengan pertimbangan - pertimbangan yang rasional, sehingga tercapai cita – cita untuk meningkatkan SDM pada masa mendatang.











4. Hubungan Fungsional  Materi kuliah










Permukaan Bumi:

-         Air
-         Daratan
 

Penduduk:
-         Jumlah penduduk
-         Penyebaran Penduduk
-         Migrasi penduduk
-         Sensus penduduk/ komposisi penduduk
-         Masalah dan politik penduduk

-         Kependudukan di Indonesia
 
 








5. Skenario Pembelajaran
Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini  adalah Cooperative Learning, antara lain adalah dengan metode ceramah, diskusi kelompok,  metode refleksi dan CTL ( conteextual teaching learning ).
Langkah – langkah  perkuliahan berdasarkan pertemuan sebagai berikut:
____________________________________________________________________________
Pertemuan ke-1 :
____________________________________________________________________________
Kompetensi:
Mahasiswa mengetahui tujuan dan kompetensi yang diharapkan pada perkuliahan geografi penduduk dan demografi selama satu semester.Tujuan akhir diharapkan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari dan menyadari bahwa penduduk berkaitan dengan keruangan, ekologis dan masa depan umat manusia.
____________________________________________________________________
Atribut Soft Skill:
Komitmen, Motivasi untuk berprestasi, Komunikasi lisan, Saling Menghargai, Berfikir kritis dan Antusias.
Materi:
Penyampaian kontrak perkuliahan, norma akademik yang harus dipatuhi mahasiswa, membangkitkan minat, motivasi dan daya juang mahasiswa dan membuat kesepakatan bersama antara dosen dan mahasiswa untuk sama – sama menjalankan sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Selanjutnya menugaskan mahasiswa untuk mencari data – data kependudukan nasional menyangkut jumlah, komposisi, penyebaran dan perkembangan penduduk dunia.

Aktifitas:
Perkenalan, penyampaian imformasi oleh dosen, diskusi tentang kontrak perkuliahan, test kemampuan awal tentang pemahaman mahasiswa terhadap perkuliahan yang akan diikuti.
Output:
Persetujan kontrak yang telah disepakati, hasil tes awal/ Kemampuan dasar.
Resuorce:
1.Buku
Anonimus,1993; Neraca Kependudukan dan Lingkungan Hidup Nasional, MNKLH Jakarta (A), Anonimus,1997; Pedoman Pembinaan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah, Dep. P dan K, Jakarta (B), Anonimus,1997; Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Untuk Guru, Dep.P dan K, jakarta (C) , Ehrlich, P.R, 1981; Ledakan Penduduk, PT.Gramedia,Jakarta (D), Heer,D.M, 1985; Masalah Kependudukan di Negara Berkembang, Bina Aksara, Jakarta(E), Myron Weiner,1983; Modernisaai Dinamika Pertumbuhan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta ( F ), Sihaloho dkk, 2007; Geografi Penduduk dan Demografi, FPIPS UNIMED ( G ) , Soeriaatmadja,RE, 1981;Ilmu Lingkungan, ITB Bandung(H ), Ward Barbara, 1974; Hanya Satu Bumi,Lembaga Ekologi Pajajaran,PT.Gramedia Jakarta( I ) , Wardiman Djoyonegoro,1995; Lima Puluh Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia,Dep. P dan K , Jakarta ( J ),  Zen,MT,1980; Menuju Kelestarian Lingkungan Hidup, PT.Gramedia Jakarta ( K ), Ida Bagoes Mantra,2008; Demografi umum, Puataka Pelajar,yogyakarta ( L ), Pusat studi kependudukan dan kebijakan Gajah Mada, 2004; Dinamika Kependudukan dan Kebijakan,Pustaka pelajar Yogyakarta ( M), Unstaed, G,F, 1954; Essential of Greography, George philip and htd-London ( N ), Zimmerman,W,Erick,Ph. 1950; World Resources and industries, herpers and Brother, Publiches, New york ( O ), Stembring, Jasfer H, 1954; The World A General Regional Geography, Oxford University, London ( P ), Warrent, S, Thomson, 1962; The Earh and Resources, Mc Grow Hile- New York ( Q )
2. Website
Tulisan ilmiah, laporan hasil penelitian, dan segala imformasi yang berhubungan dengan kependudukan atau demografi.
Dampak:
Mahasiswa akan terampil /terbiasa mempersiapkan diri dalam mengikuti perkuliahan secara disiplin dan sitimatis yang pada akhirnya akan meningkatkan kompetensi hasil belajar.
Assesment
Test kemampuan awal.
 Pertemuan ke- 2:
Kompetensi:
Mahasiswa kompeten menjelaskan tentang konsep dasar geografi penduduk dan demografi.
Atribut Soft skill:
Motivasi, kemampuan analisis, berfikir kritis, komunikasi,kebersamaan, saling menghargai dan berkomitmen.
Materi:
Konsep dasar geografi penduduk dan demografi: definisi dan konsep dasar penduduk, rakyat, manusia, biosfer, atmosfer, hidrosfer, litosfer, habitat, kehidupan, dan hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi langsung atau tidak langsung antara manusia dengan alam tempat tinggalnya.
Aktifitas:
Cooperative learning,  diskusi , ceramah , refleksi, dan komunikasi lisan
Output:
Laporan hasil diskusi dan refleksi
Resource:
  1. Buku: A,B, C, D,G,J
  2. Website
Dampak:
Mahasiswa memahami dan trampil menjelaskan konsep – konsep geografi penduduk dan demografi.
Assesment:
Penilaian proses dan aktifitas
Pertemuan ke- 3,4,5
Kompetensi:
Mahasiswa kompeten menjelaskan tentang perkembangan jumlah penduduk dan faktor – faktor  yang mempengaruhinya, serta mampu menghitung angka pertumbuhan penduduk.
Atribut Soft skill
Team work, berfikir kritis, anlisis, komunikasi lisan, saling menghargai, percaya diri dan kemandirian.
Materi
 Mengkaji tentang perkembangan jumlah penduduk dunia dan faktor – faktor yang mempengaruhinya ( kelahiran, kematian, dan migrasi ),  selanjutnya mahasiswa ditugaskan membuat paper kelompok mengenai topik yang sudah disampaikan untuk dikumpulkan minggu berikutnya.

Aktifitas:
Cooperative learning, diskusi, presentase tugas pertemuan I.
Output:
Laporan hasil diskusi dan penilaian proses diskusi
Resuorce:
A,E ,G ,I ,K ,L,
Dampak:
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan jumlah penduduk dan mampu menghitung angka pertumbuhan penduduk.
Assesment:
1.Penilaian proses
2.Penilaian kelompok dan individu
Pertemuan 6:
Tes formatif
Pertemuan :  7
Kompetensi:
Mahasiswa mampu menganalisis teori – teori kependudukan  dengan benar.
Atribut soft skill:
Berfikir kritis dan analisis, team work, kepemimpinan, bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemandirian,dan saling menghargai.
Materi:
Teori penduduk : Aliran Malthusian dan neo Malthusian, Aliran Marxist dan teori penduduk mutakhir.
Aktifitas:
Cooperative learning (diskus kelompok)
Output:
Laporan diskusi, dan proses diskusi
Resource:
D, l, G, L
Dampak:
Mahasiwa mampu menganalisis tori- teori kependudukan dengan benar dan tepat.
Assesment:
1.Laporan diskusi
2.presentase hasil diskusi
Pertemuan: 8,9
Kompetensi:
Mahasiswa mampu menganalisis perbedan faktor – faktor geografis  daya dukung alam, dan perkembangan tekhnologi akan menentukan penyebaran penduduk di muka bumi
Atribut soft Skill:
Integritas, kemampuan komunikasi lisan dan tulisan, kerjasama, problem solving.
Materi
     Pengkajian tentang faktor – faktor geografis  ( luas wilayah, relief, cuaca/iklim, kesuburan tanah, letak ) dan iptek, berperan dalam menentukan penyebaran penduduk di permukaan daratan bumi. Dengan kata lain,  tingkat daya dukung atau keramahan setiap daerah adalah berbeda dan ini mengakibatkan penyebaran penduduk tiap daerah berbeda.
Aktivitas
Cooperative learning, diskusi kelompok kecil dan pemaparan
Output:
Laporan hasil diskusi, penilaian proses diskusi
Resource:
C, N, I,K, O
Dampak:
Mahasiswa bersikap positif terhadap faktor – faktor geografis dengan menyadari keterbatasan daya dukung alam dan perkembangan tekhnologi menentukan penyebaran penduduk di muka bumi.
Assesment
1.Penilaian proses
2.laporan hasil diskusi
__________________________________________________________________________
Pertemuan: 10
Test Formatif
Pertemuan: 11, 12
Kompetensi:
Mahasiswa mampu mennjelaskan faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi dan dampak yang ditimbulkannya
Atribut Soft Skill
Membangun komitmen, Team Work, tanggung jawab, problem solving, kemampuan komunikasi lisan/ tulisan, menghargai dan percaya diri
Materi:
    Batasan dan jenis migrasi, faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi penduduk, dan terjadinya migrasi dalam skala  nasional dan internasional, yang arahnya secara biasa adalah menuju pemerataan penduduk dan bertujuan untuk mencari nafkah atau mencapai kehidupan yang lebih baik, disertai tugas riset mini dengan topik “Migrasi penduduk di Kota medan” ( dipresentasekan pada pertemuan ke 15, 16, 17 )
Aktifitas:
Cooperative Learning ( diskusi kelompok, diskusi kelas), Project Learning/ riset mini.
Output:
Laporan hasil riset, dan penilaian diskusi
Resource:
C, E, L, P, N, Q
Dampak
Mahasiswa mampu memahami dan menghadapi tantangan dan konsekuensi dari tindakan yang diambil dalam bermigrasi
Assesment:
  1. Penilaian proses
  2. Tugas riset mini
Pertemuan:13
Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan mengetahui pentingnya  mengetahui data – data penduduk, karena penduduk merupakan pelaku ( subjek ) dan sekaligus objek pembangunan.
Atribut soft Skill:
Team Work, Tanggung jawab, Kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan, percaya diri
Materi:
  1. Pengertian Registrasi, survei, sensus Penduduk, sensus penduduk sampling, dan komposisi penduduk
  2. Syarat – syarat sensus penduduk dan metode pelaksanaan sensus.
  3. Komposisi penduduk menurut umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, agama, suku bangsa dan tempat tingal
  4. Jenis piramida penduduk.
Aktivitas:
Team work ( diskusi kelompok dan diskusi kelas ), pemaparan .
Output:
Laporan hasil diskusi, dan penilaian proses diskusi
Resuorce:
C, D, E, L, G, N,
Dampak:
Mahasiswa mampu menghitung jumlah penduduk dan menganalisis data – data komposisi penduduk
Assesment:
Penilaian proses, dan hasil diskusi
Pertemuan: 14
Kompetensi:
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kondisi kependudukan di Indonesia yang menyangkut angka pertambahan penduduk,  komposisi penduduk,  dan penyebaran yang tidak merata.
Atribut soft skill:
Kemampuan komunikasi lisan/ tulisan, problem solving, kreatif dan inovatif, kerja sama, percaya diri.
Materi:
  1. Masalah kependudukan di Indonesia: kuantitas, kualitas, dan distribusi penduduk
  2. Kondisi kependudukan Indonesia diantara negara – negara dunia
  3. Usaha – usaha mengatasi masalah kependudukan.

Aktifitas:
Team work ( diskusu kelompok, diskusi kelas), pemaparan
Output:
Laporan hasil diskusi dan penilaian proses
Resource:
G, I, K, M
Dampak:
Mahasiswa menyadari kondisi penduduk Indonesia dan dan beradaptasi dengan situasi kependudukan global
Assesment:
Penilaian proses dan hasil diskusi
Pertemuan: 15, 16, 17:
Aktifitas:
Presentase hasil mini riset per-kelompok
Outpot:
Hasil riset mini/ Laporan project
Dampak:
Memahami dan mampu menganalisis, serta memecahkan masalah yang terkait dengan riset tentang  migrasi penduduk di kota Medan.
Assesment:
Hasil riset, pesentasi hasil riset, dan proses
Pertemuan 18:
Test akhir semester
6. Tugas – tugas Mahasiswa

Pada perkuliahan ini mahasiswa diberi 4 Tugas:
  1. Laporan hasil diskusi
  2. Makalah individual
  3. Tugas individual
  4. Riset Mini
Penilaian yang dilakukan pada mata kuliah ini mengacu pada sistem penialaian yang diatur dalam peratuaran akademik Unimed:
SA = Σ Fi
Dimana F1 adalah ujian formatif ke-i dan N adalah jumlah formatif dengan kriteria:
 Skor                                  Nilai akhir
1. 90  - 100                       =   A
2. 80  -   89                       =   B  
3. 70 -   79                        =   C
4.  0   -  69                        =   E

Penilaian Terhadap laporan hasil diskusi/ cooperative learning:
Aspek yang dinilai dan kriteria Penilaian
No
Skor
Ketepata waktu penyerahan tugas
1.
1-20
Keterlibatan seluruh anggota kelompok
2.
1-30
Isi laporan dari kerja kelompok
3.
1-30
Kelengkapan dokumen
4.
1-20
Skor maksimum

100



Penilaian terhadap Makalah individu / tugas individu
No
Aspek yang dinilai dan kriteria Penilaian
Skor
1
Perwajahan / tampilan fisik
1 – 5
2
Tata Bahasa
1 – 10
3
Kedalaman substansi kajian
1 - 30
4
Kebenaran isi dan sumber bacaan
1 – 30
5
Ketepatan waktu penyerahan
1 - 20

Skor Maksimum
100

Penilaian terhadap riset mini:
No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Ketepatan waktu penyerahan tugas
1 – 5
2.
Pembahasan
1 – 30
3
Ketajaman analisis
1 – 30
4
Tata bahasa
1 – 20
5
Sistematika
1 - 10
6
Perwajahan
1 – 5

Skor maksimum
100

7. Jadwal perkuliahan
Sesusai dengan jadwal waktu yang ditetapkan
8.Aturan atau Disiplin Kuliah:
1. Mahasiswa harus hadir mengikuti kuliah minimal 75 %
2. Mahasiswa harus berpartisipasi aktif atas seluruh kegiatan yang dilakukan  dan mmenuhi tagihan – tagihan yang ditetapkan.
3. Mahasiswa harus hadir tepat waktu dalam perkuliahan
4. Mahasiswa harus mengumpulkan seluruh tagihan yang diberikan.



                                                                                                Medan, Juli 2010
 Diketahui Oleh:                            Disetujui Oleh:              Dosen Mata Kuliah
 Ketua Jurusan                               Mahasiswa                      


Drs. W. L. Toruan, M.Si                  _____________             Dra. Novida Yenny, M.Si
NIP. 19561008 198303 1 002                                             NIP. 19631129 199003 2 002
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar