Rabu, 01 September 2010

GEOGRAFI PENDUDUK DAN DEMOGRAFI

Apa perbedaan yang mendasar dari geografi penduduk dan demografi ( menjawab pertanyaan Mardimpu sihombing C reg ): Geografi penduduk merupakan bagian dari geografi sosial yang mempelajari hubungan timbal balik manusia dan lingkungannya, maka geografi penduduk mempelajari "fenomena penduduk" (kelahiran. kematian. migrasi dan mobilitas sosial) yang dikaitkan dengan lingkungannya atau ruang dan penyebarannya di muka bumi. contoh; tingginya angka kelahiran pada suatu wilayah apabila dikaitkan dengan ruang maka dalam jangka waktu tertentu ini akan berpengaruh terhadap daya dukung alam / ruang sebagai tempat tinggal atau ruang sebagai tempat produksi dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada sisi - sisi kehidupan !...Ingat hubungan manusia dengan alam adalah hubungan sebab -akibat,  dan manuasia sebagai makhluk yang berakal - berbudaya maka manusia  dengan kemampuannya harus mampu menjaga keseimbangan alam yang kemampuan daya dukungnya semakin lama semakin berkurang.
Dalam demograsi  lebih banyak membicarakan fenomena kependudukan tersebut berdasarkan data statistik, sehingga melalui data statistik akan diketahui peristiwa penduduk kelahiran, kematian, migrasi, komposisi, perkembangan penduduk/ perobahan dari tahun ke tahun, serta penyebabnya, dan  melalui data data statistik  dapat dihitung secara matematik bagaimana tingkat pertumbuhan dan perkembangan penduduk tersebut ( lebih bersifat kuantitatif ).

Untuk semua mahasiswa yg mengambil mata kuliah geo.pend dan demografi " tugas anda adalah: 1. membuat makalah yang bersifat uraian tentang fenomena penduduk dan bagaimana kaitannya dengan ruang/ lingkungan  sebagai tempat tinggal manusia. 2. baca  buku demografi Umum karangan Prof. Ida Bagoes Mantra pada halaman 4-6 ( pahami dan analisa gambar 2  dan tabel 1.1) dan berikan contoh serta uraiannya sehingga anda bisa memahami bagaimana hubungan antar variabel demografi ataupun variabel demografi dan non demografi. diskusikan dengan temam-teman dan buat laporan masing - masing. kita akan diskusikan dalam pertemuan berikut.

Selamat belajar dan sampai ketemu lagi, Tks...sukses selalu !

1 komentar: