KONTRAK KULIAH
Nama Mata Kuliah : Geograi Penduduk Dan Demografi
Kode Matakuliah : Geo.4038
Semester / T.A : Ganjil / 2010 – 2011
Hari pertemuan/jam :
Atribut soft Skill : Motivasi, komitmen, komunikasi lisan, saling menghargai, mengemukakan pendapat, kemampuan analisis, problem solving, team work, leadership, kebersamaan, toleransi, kejujuran
Tempat pertemuan : Ruang Kuliah Gegrafi
Nama Dosen : Dra. Novida Yenny,M.Si
Telp/ Hp : 081396306637
1. Tujuan / Mamfaat Matakuliah |
Matakuliah ini bertujuan memperkenalkan , membangun dan mengembangkan pemahaman mahasiswa mengenai kependudukan /demografi, karena penduduk merupakan subjek pembangunan dan sekaligus objek setiap usaha pembangunan. Setiap negara mempunyai masalah tentang kependudukan baik kualitas ataupun kuantitas, tidak terkecuali negara – negara maju ( developed countries ) apalagi negara – negara yang sedang berkembang ( developing countries ). Mengetahui dan memahami masalah tersebut akan memacu mahasiswa untuk mampu menganalisa dan memahami kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Lebih penting lagi mahasiswa dengan kesadaran sendiri langsung mengaplikan pengetahuannya tentang kependudukan dalam kehidupan sehari – hari. |
2. Deskripsi perkuliahan |
Manusia atau penduduk adalah suatu spesies dari berjuta spesies makhluk bumi. Sebagai makhluk tertinggi mempunyai kapasitas yang “tidak terbatas” dalam penguasaan bumi, termasuk makhluk – makhluk lain. Planit bumi dieksploitasi dan didesain menurut kepentingan dan kehendak sendiri dari manusia. Pada hal sampai sekarang “ bumi” adalah satu – satunya planit yang mendukung kehidupan mahkluk hidup itu termasuk manusia sebagai makhluk yang paling berpengaruh. Sementara luas daratan bumi relatif tetap, tetapi jumlah penduduk yang membutuhkannya semakin bertambah banyak. Berdasarkan pada pokok persoalan penduduk ini maka materi perkuliahan akan membahas tentang: konsep dasar geografi penduduk dan demografi; pertumbuhan penduduk; faktor-faktor geografi dan penyebarannya; migrasi penduduk; sensus penduduk dan komposisi penduduk; masalah dan politik penduduk; kependuduk di Indonesia. |
3. Kompetensi dasar |
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi dasar berupa kemampuan:
|
4. Hubungan Fungsional Materi kuliah
| |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5. Skenario Pembelajaran | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah Cooperative Learning, antara lain adalah dengan metode ceramah, diskusi kelompok, metode refleksi dan CTL ( conteextual teaching learning ). Langkah – langkah perkuliahan berdasarkan pertemuan sebagai berikut: ____________________________________________________________________________ Pertemuan ke-1 : ____________________________________________________________________________ Kompetensi: Mahasiswa mengetahui tujuan dan kompetensi yang diharapkan pada perkuliahan geografi penduduk dan demografi selama satu semester.Tujuan akhir diharapkan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari dan menyadari bahwa penduduk berkaitan dengan keruangan, ekologis dan masa depan umat manusia. ____________________________________________________________________ Atribut Soft Skill: Komitmen, Motivasi untuk berprestasi, Komunikasi lisan, Saling Menghargai, Berfikir kritis dan Antusias. Materi: Penyampaian kontrak perkuliahan, norma akademik yang harus dipatuhi mahasiswa, membangkitkan minat, motivasi dan daya juang mahasiswa dan membuat kesepakatan bersama antara dosen dan mahasiswa untuk sama – sama menjalankan sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Selanjutnya menugaskan mahasiswa untuk mencari data – data kependudukan nasional menyangkut jumlah, komposisi, penyebaran dan perkembangan penduduk dunia. Aktifitas: Perkenalan, penyampaian imformasi oleh dosen, diskusi tentang kontrak perkuliahan, test kemampuan awal tentang pemahaman mahasiswa terhadap perkuliahan yang akan diikuti. Output: Persetujan kontrak yang telah disepakati, hasil tes awal/ Kemampuan dasar. Resuorce: 1.Buku Anonimus,1993; Neraca Kependudukan dan Lingkungan Hidup Nasional, MNKLH Jakarta (A), Anonimus,1997; Pedoman Pembinaan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah, Dep. P dan K, Jakarta (B), Anonimus,1997; Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Untuk Guru, Dep.P dan K, jakarta (C) , Ehrlich, P.R, 1981; Ledakan Penduduk, PT.Gramedia,Jakarta (D), Heer,D.M, 1985; Masalah Kependudukan di Negara Berkembang, Bina Aksara, Jakarta(E), Myron Weiner,1983; Modernisaai Dinamika Pertumbuhan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta ( F ), Sihaloho dkk, 2007; Geografi Penduduk dan Demografi, FPIPS UNIMED ( G ) , Soeriaatmadja,RE, 1981;Ilmu Lingkungan, ITB Bandung(H ), Ward Barbara, 1974; Hanya Satu Bumi,Lembaga Ekologi Pajajaran,PT.Gramedia Jakarta( I ) , Wardiman Djoyonegoro,1995; Lima Puluh Tahun Perkembangan Pendidikan Indonesia,Dep. P dan K , Jakarta ( J ), Zen,MT,1980; Menuju Kelestarian Lingkungan Hidup, PT.Gramedia Jakarta ( K ), Ida Bagoes Mantra,2008; Demografi umum, Puataka Pelajar,yogyakarta ( L ), Pusat studi kependudukan dan kebijakan Gajah Mada, 2004; Dinamika Kependudukan dan Kebijakan,Pustaka pelajar Yogyakarta ( M), Unstaed, G,F, 1954; Essential of Greography, George philip and htd-London ( N ), Zimmerman,W,Erick,Ph. 1950; World Resources and industries, herpers and Brother, Publiches, New york ( O ), Stembring, Jasfer H, 1954; The World A General Regional Geography, Oxford University, London ( P ), Warrent, S, Thomson, 1962; The Earh and Resources, Mc Grow Hile- New York ( Q ) 2. Website Tulisan ilmiah, laporan hasil penelitian, dan segala imformasi yang berhubungan dengan kependudukan atau demografi. Dampak: Mahasiswa akan terampil /terbiasa mempersiapkan diri dalam mengikuti perkuliahan secara disiplin dan sitimatis yang pada akhirnya akan meningkatkan kompetensi hasil belajar. Assesment Test kemampuan awal. Pertemuan ke- 2: Kompetensi: Mahasiswa kompeten menjelaskan tentang konsep dasar geografi penduduk dan demografi. Atribut Soft skill: Motivasi, kemampuan analisis, berfikir kritis, komunikasi,kebersamaan, saling menghargai dan berkomitmen. Materi: Konsep dasar geografi penduduk dan demografi: definisi dan konsep dasar penduduk, rakyat, manusia, biosfer, atmosfer, hidrosfer, litosfer, habitat, kehidupan, dan hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi langsung atau tidak langsung antara manusia dengan alam tempat tinggalnya. Aktifitas: Cooperative learning, diskusi , ceramah , refleksi, dan komunikasi lisan Output: Laporan hasil diskusi dan refleksi Resource:
Dampak: Mahasiswa memahami dan trampil menjelaskan konsep – konsep geografi penduduk dan demografi. Assesment: Penilaian proses dan aktifitas Pertemuan ke- 3,4,5 Kompetensi: Mahasiswa kompeten menjelaskan tentang perkembangan jumlah penduduk dan faktor – faktor yang mempengaruhinya, serta mampu menghitung angka pertumbuhan penduduk. Atribut Soft skill Team work, berfikir kritis, anlisis, komunikasi lisan, saling menghargai, percaya diri dan kemandirian. Materi Mengkaji tentang perkembangan jumlah penduduk dunia dan faktor – faktor yang mempengaruhinya ( kelahiran, kematian, dan migrasi ), selanjutnya mahasiswa ditugaskan membuat paper kelompok mengenai topik yang sudah disampaikan untuk dikumpulkan minggu berikutnya. Aktifitas: Cooperative learning, diskusi, presentase tugas pertemuan I. Output: Laporan hasil diskusi dan penilaian proses diskusi Resuorce: A,E ,G ,I ,K ,L, Dampak: Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan jumlah penduduk dan mampu menghitung angka pertumbuhan penduduk. Assesment: 1.Penilaian proses 2.Penilaian kelompok dan individu Pertemuan 6: Tes formatif Pertemuan : 7 Kompetensi: Mahasiswa mampu menganalisis teori – teori kependudukan dengan benar. Atribut soft skill: Berfikir kritis dan analisis, team work, kepemimpinan, bekerja sama, kemampuan berkomunikasi, kemandirian,dan saling menghargai. Materi: Teori penduduk : Aliran Malthusian dan neo Malthusian, Aliran Marxist dan teori penduduk mutakhir. Aktifitas: Cooperative learning (diskus kelompok) Output: Laporan diskusi, dan proses diskusi Resource: D, l, G, L Dampak: Mahasiwa mampu menganalisis tori- teori kependudukan dengan benar dan tepat. Assesment: 1.Laporan diskusi 2.presentase hasil diskusi Pertemuan: 8,9 Kompetensi: Mahasiswa mampu menganalisis perbedan faktor – faktor geografis daya dukung alam, dan perkembangan tekhnologi akan menentukan penyebaran penduduk di muka bumi Atribut soft Skill: Integritas, kemampuan komunikasi lisan dan tulisan, kerjasama, problem solving. Materi Pengkajian tentang faktor – faktor geografis ( luas wilayah, relief, cuaca/iklim, kesuburan tanah, letak ) dan iptek, berperan dalam menentukan penyebaran penduduk di permukaan daratan bumi. Dengan kata lain, tingkat daya dukung atau keramahan setiap daerah adalah berbeda dan ini mengakibatkan penyebaran penduduk tiap daerah berbeda. Aktivitas Cooperative learning, diskusi kelompok kecil dan pemaparan Output: Laporan hasil diskusi, penilaian proses diskusi Resource: C, N, I,K, O Dampak: Mahasiswa bersikap positif terhadap faktor – faktor geografis dengan menyadari keterbatasan daya dukung alam dan perkembangan tekhnologi menentukan penyebaran penduduk di muka bumi. Assesment 1.Penilaian proses 2.laporan hasil diskusi __________________________________________________________________________ Pertemuan: 10 Test Formatif Pertemuan: 11, 12 Kompetensi: Mahasiswa mampu mennjelaskan faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi dan dampak yang ditimbulkannya Atribut Soft Skill Membangun komitmen, Team Work, tanggung jawab, problem solving, kemampuan komunikasi lisan/ tulisan, menghargai dan percaya diri Materi: Batasan dan jenis migrasi, faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi penduduk, dan terjadinya migrasi dalam skala nasional dan internasional, yang arahnya secara biasa adalah menuju pemerataan penduduk dan bertujuan untuk mencari nafkah atau mencapai kehidupan yang lebih baik, disertai tugas riset mini dengan topik “Migrasi penduduk di Kota medan” ( dipresentasekan pada pertemuan ke 15, 16, 17 ) Aktifitas: Cooperative Learning ( diskusi kelompok, diskusi kelas), Project Learning/ riset mini. Output: Laporan hasil riset, dan penilaian diskusi Resource: C, E, L, P, N, Q Dampak Mahasiswa mampu memahami dan menghadapi tantangan dan konsekuensi dari tindakan yang diambil dalam bermigrasi Assesment:
Pertemuan:13 Kompetensi: Mahasiswa mampu memahami dan mengetahui pentingnya mengetahui data – data penduduk, karena penduduk merupakan pelaku ( subjek ) dan sekaligus objek pembangunan. Atribut soft Skill: Team Work, Tanggung jawab, Kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan, percaya diri Materi:
Aktivitas: Team work ( diskusi kelompok dan diskusi kelas ), pemaparan . Output: Laporan hasil diskusi, dan penilaian proses diskusi Resuorce: C, D, E, L, G, N, Dampak: Mahasiswa mampu menghitung jumlah penduduk dan menganalisis data – data komposisi penduduk Assesment: Penilaian proses, dan hasil diskusi Pertemuan: 14 Kompetensi: Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kondisi kependudukan di Indonesia yang menyangkut angka pertambahan penduduk, komposisi penduduk, dan penyebaran yang tidak merata. Atribut soft skill: Kemampuan komunikasi lisan/ tulisan, problem solving, kreatif dan inovatif, kerja sama, percaya diri. Materi:
Aktifitas: Team work ( diskusu kelompok, diskusi kelas), pemaparan Output: Laporan hasil diskusi dan penilaian proses Resource: G, I, K, M Dampak: Mahasiswa menyadari kondisi penduduk Indonesia dan dan beradaptasi dengan situasi kependudukan global Assesment: Penilaian proses dan hasil diskusi Pertemuan: 15, 16, 17: Aktifitas: Presentase hasil mini riset per-kelompok Outpot: Hasil riset mini/ Laporan project Dampak: Memahami dan mampu menganalisis, serta memecahkan masalah yang terkait dengan riset tentang migrasi penduduk di kota Medan. Assesment: Hasil riset, pesentasi hasil riset, dan proses Pertemuan 18: Test akhir semester 6. Tugas – tugas Mahasiswa Pada perkuliahan ini mahasiswa diberi 4 Tugas:
Penilaian yang dilakukan pada mata kuliah ini mengacu pada sistem penialaian yang diatur dalam peratuaran akademik Unimed: SA = Σ Fi Dimana F1 adalah ujian formatif ke-i dan N adalah jumlah formatif dengan kriteria: Skor Nilai akhir 1. 90 - 100 = A 2. 80 - 89 = B 3. 70 - 79 = C 4. 0 - 69 = E Penilaian Terhadap laporan hasil diskusi/ cooperative learning:
Penilaian terhadap Makalah individu / tugas individu
Penilaian terhadap riset mini:
7. Jadwal perkuliahan Sesusai dengan jadwal waktu yang ditetapkan 8.Aturan atau Disiplin Kuliah: 1. Mahasiswa harus hadir mengikuti kuliah minimal 75 % 2. Mahasiswa harus berpartisipasi aktif atas seluruh kegiatan yang dilakukan dan mmenuhi tagihan – tagihan yang ditetapkan. 3. Mahasiswa harus hadir tepat waktu dalam perkuliahan 4. Mahasiswa harus mengumpulkan seluruh tagihan yang diberikan. Medan, Juli 2010 Diketahui Oleh: Disetujui Oleh: Dosen Mata Kuliah Ketua Jurusan Mahasiswa Drs. W. L. Toruan, M.Si _____________ Dra. Novida Yenny, M.Si NIP. 19561008 198303 1 002 NIP. 19631129 199003 2 002 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar